Pages

Sabtu, 03 Maret 2012

kala cinta harus memilih

Pertandingan basket antara SMA Nusa Bangsa dan SMA Merah Putih  berlangsung panas. Apalagi, perbedaan skor diantaranya hanya selisih 1 angka saja.
“ Priiitttt……”
Peluit dari wasit menandakan pertandingan usai. SMA Nusa Bangsa yang merupakan tuan rumah, memenangkan pertandingan persahabatan kali ini. Kayla melambai ke arah pemain basket yang sedang break.
“ Kay.. sini .” panggil Mario, kapten basket sekaligus kekasih Kayla.
“ Ada apa Kak Rio ?” Tanya Kayla ketika menghampiri Mario.
“ Aku cuma manggil aja kok,Kay.. Kenapa belum pulang ?“ Mario menyeka keringat yang menetes di dahi dan pelipisnya.
“ Emm.. Aku mau nunggu Kak Rio aja, ya.” Kayla tersenyum
“ Yo, loe gimana sih ? Masa cewek loe manggilnya kakak ?” sahut Ardan, teman satu tim Mario. Memang sih, panggilan Kayla terhadap Mario sedikit aneh.Tapi, Kayla selalu membiasakan panggilan itu karena Mario 1 tahun lebih tua dari nya.
“ Itu sebagai rasa hormat dia ke gue.” Mario menaggapi.
“ Kak Rio mau pulang sekarang ?” Tanya Kayla . Mario mengangguk
“ Bro, gue duluan. “ pamit Mario.
“ Sip..” teman-teman 1 tim nya menjawab berbarengan. Mario menuntun Kayla keluar dari aula basket.
“ Kak, selamat ya atas kemenangannya.” Ucap Kayla.
“ Iya, karena dukungan kamu kok, Kay.. “ Mario tersenyum lalu mengusap rambut Kayla dengan lembut.Mereka berjalan beriringan ke luar gerbang sekolah.
*                                          *                                            *
Kayla melahap steak daging yang masih panas. Di hadapannya, ada Mario yang juga asyik menikmati nasi goreng daging asap.
“ Boleh juga makanan di restaurant langganan mama mu Kay..” ujar Mario.
“ Iya dong Kak Rio. Mama sering banget kesini.” Kayla menimpali.
Tiba-tiba, handphone Mario berdering.
“ Sebentar ya,aku angkat telpon dulu. “
Kayla mengangguk. Dan tak lama dari itu , Mario muncul.
“ Siapa yang telpon, ka ?” Tanya Kayla.
“ Mama yang telpon. Katanya, di rumah ada tamu yang mau ketemu aku.” Jawab Mario.
“ Yaudah, kakak pulang gih. Siapa tahu, tamu nya penting. “
“ Tapi, Kay.. dinner kita gimana ?”
“ Udahlah, kak.. dinner nya bisa diganti dilain waktu. Kakak pulang ya..”Kayla tersenyum menatap Mario.
“ Makasih ya, Kay.. Aku pulang dulu. Terus, kamu gimana ?”
“ Biar sopir yang jemput. Kakak hati-hati ya.”
Mario mengangguk dan mencium kening Kayla.
*                                 *                                                     *             
Mario melangkah ke dalam rumah.Di ruang tamu, mama nya dan seorang wanita tengah berbincang-bincang.
“ Eh, Mario. Kamu sudah pulang, nak ?” sapa mama nya ketika melihat Mario telah berada di ruang tamu. Namun, Mario tak berkata apa- apa ketika tahu siapa wanita itu.
“ Hai Rio apa kabar ?” Tanya wanita tadi.
“ Baik.” Jawab Mario singkat.Wanita di depannya ini adalah Indira, wanita yang sempat mengisi hati nya dulu. Mario terpaksa melupakan Indira  karena Indira telah meninggalkannya. Indira pergi bersama lelaki lain. Dan kini, sosok yang sangat dibenci Mario..hadir kembali di hadapannya.
“ Tante tinggal dulu ya, Ra.. “  pamit mama Mario.
  Mau apa kamu kesini, Ra.. Mau menyakiti aku lagi ?’Tanya Mario sinis.
“ Yo, aku tak bermaksud menyakiti kamu waktu itu. Aku kesini, ingin memperbaiki hubungan kita.”Indira menatap Mario lekat-lekat.
“ Sori, Ra.. Aku telah mempunyai sesorang yang baru. “
“ Apa ? Siapa cewek itu Yo ?”
“ Kayla. Aku menemukan dia ketika kamu pergi menghianati aku. Dan sekarang, aku mohon..kamu jangan menganggu aku lagi “
“ Aku mencintai kamu , Yo..”
Mario terdiam.Jauh di lubuk hati nya, cinta untuk Indira masih ada. Hanya saja, separuh hati nya  sudah ditempati oleh Kayla.
*                                *                                        *               
“ Kakak kenapa ?” Tanya Kayla ketika melihat Mario melamun.
“ Oh..eh, enggak Kay. Aku nggak apa-apa .” terbata-bata Mario menjawab.
“ Kakak cerita, ya. “  Mario sungguh tak tahan melihat Kayla menatapnya seperti ini.Ia tak dapat berbohong ataupun mengelak pada Kayla.
“ Kay.. Indira kemarin datang .”
“ Ka Indira ? Yang dulu menyakiti kaka itu  ?”
“ Iya. Dia blang, dia ingin memperbaiki hubungan denganku. “
“ Kakak, lakukan apa yang menurut kakak baik. Aku selalu mendukung kakak sepenuh hati.Apapun keputusan kakak. “
“ Makasih, Kay.. Kamu memang kekasih yang sangat baik.Aku tidak akan mengecewakanmu.”Mario tersenyum pada Kayla.
“ Iya. Sekarang, Kayla permisi dulu ya.Mau ngambil tugas di bu Ervi. “
Mario mengangguk.  Dia menatap Kayla yang tengah  berjalan menuju kantor guru. Kayla memang teramat sempurna di mata nya.
*                                        *                                         *
Kayla duduk di sofa ruang tamu. Malam ini, Mario akan mengajaknya pergi. Menikmati dinginnya udara malam di Bandung.Mario berjanji menjemputnya pukul 7.
“ Nunggu siapa sayang ?” Tanya Bunda ketika melihat putri tercinta nya tengah melamun di ruang tamu.
“ Eh Bunda. Kayla lagi nunggu Kak Rio. “
“ Nunggu Mario, ya Kay.. Tadinya, Bunda mau ajak kamu ke rumah teman Bunda. “
“ Aduh, Bun.. gimana dong ?”
“ Yasudah, gak apa-apa kok sayang. “
Sedang mengobrol dengan Bunda, handphone Kayla berdering.Panggilan masuk dari Kak Rio.
“ Halo, Kak ..”
“ Kay, maaf.. Sepertinya, kita tidak jadi pergi malam ini.”
“ Loh,kenapa kak ? Padahal, Kayla udah siap-siap.”
“ Indira meminta aku menemaninya ke mall malam ini. Kamu gak apa-apa kan Kay ?”
“ Begitu,ya. Yaudah, Kakak hati-hati ya.”
“ Iya, Kay.. Aku janji akan mengganti kencan kita malam ini di hari lain. “
“ Kayla mengerti kok kak. “
“ Makasih ya, Kay.. Love u.”
“ Love u too.”
“ Tut..tut..tut” sambungan telpon terputus.
Kayla terdiam lesu.Kak Rio membatalkan kencan mala mini hanya untuk Indira.
“ Kayla, Mario bilang apa ?” Tanya Bunda.
“ Kak Rio bilang , dia tidak jadi pergi dengan Kayla, Bunda.. “ suara Kayla terdengar kecewa.
“ Ya ampun.. mmm, kamu pergi sama Bunda aja ya. Kita makan malam berdua lalu pergi ke rumah teman Bunda.“ Bunda mencoba menghibur Kayla.
“ Yaudah deh, kita pergi sekarang ya Bun..” Kayla tersenyum pada sang Bunda.
“ Oke..Yuk !”
Kayla beranjak dan mengikuti Bunda keluar. Dia berharap, pergi dengan Bunda dapat mengobati rasa kecewa nya pada Kak Rio .
*                                              *                                                     *
Mario menyerot orange jus yang ada di depannya.Dia sedang makan malam dengan Indira.
“ Yo, ini saat-saat yang aku rindukan. Dulu, kamu suka banget kan ngajak aku makan di tempat ini. “ ucap Indira sambil memandang Mario.
“ Ya, aku masih ingat, Ra.. “ Mario menjawab dingin.
“ Yo, kamu masih marah sama aku ?”
“ Begitulah. Aku hanya tak menyangka, kamu bisa hadir di hadpanku lagi setelah sebelumnya..kamu sudah menyakiti hatiku. “
“ Aku benar-benar minta maaf Yo.. Aku sadar, hanya kamu cowok yang pantas aku cintai.Aku kembali dari London, hanya ingin memperbaiki hubungan ini denganmu. “
“ Aku harap, kamu bisa mengerti keadaan hati ku saat ini. Aku sangat mencintaimu dulu, Ra..Tapi, kamu malah meninggalkanku sendirian. Kamu pindah ke London dan disana, kamu menjalin hubungan lagi dengan orang lain.”
“ Rio, aku sangat menyesal. Tapi, kali ini..aku benar-benar mencintaimu. “
Mario terdiam membisu.Indira memang hadir bukan dalam waktu yang tepat.Tapi, mendengar pernyataannya barusan, rasanya hati Mario kembali luluh.
*                                           *                                       *
Kayla mengahampiri Mario yang telah selesai latihan bermain basket.
“ Kak Rio, baru selesai main basket ya.” Ucap Kayla sambil memandang ke arah Mario.
“ Iya Kay.. “
“ Kak Rio jadi kan anterin Kayla ke toko  buku?”
“ Aduh, Kay.. maaf ya . Kayaknya, kamu pergi sendiri aja ya. “
“ Kenapa, kak ? “
“ Aku harus pergi sama Indira sekarang.”
Lagi-lagi, Kayla harus kecewa.Kak Rio lebih mementingkan Indira daripada dirinya.
“ Yaudah, Kay.. Aku duluan ya.“  Mario beranjak meninggalkan Kayla yang masih berdiri di pinggir aula basket. Kayla menatap Mario yang berjalan meninggalkannya.Hatinya terasa pedih. Melihat sang kekasih, kini tak mempedulikannya lagi.
              *                                                *                                                 *
Sore ini, awan terlihat mendung.Seperti hati Kayla yang kelam.Sudah beberapa minggu ini, tepatnya semenjak kehadiran Indira, Mario tak pernah bersama nya lagi.Mario tak pernah mengantarkannya pulang, menjemputnya sepulang kursus, mengajaknya makan malam, ataupun mengajaknya kencan.Mario tak pernah memperdulikannya lagi.
Kayla mengaduk-ngaduk makan siangnya.Ia tak nafsu makan. 
“ Non Kayla, ada yang mau bertemu. “ ucap Bi Minah.
“ Siapa, bi ?” Tanya Kayla heran.
“ Gak tau non. Perempuan katanya mau ketemu non. Dia nunggu di ruang tamu. “
Kayla bergegas menuju ruang tamu.Seorang perempuan tengah duduk di sofa.
“ Cari saya ?” Tanya Kayla.
“ Kamu Kayla ?” perempuan tadi malah balik tanya. 
“ Iya, betul..”
“ Kamu pacarnya Mario ?”
Kayla mengangguk.
“ Perkenalkan, saya Indira. “ Kayla tercengang.Perempuan yang ada di hadapannya ini adalah Indira.
“ Oh, Kak Indira ya ? Ada apa Kakak menemui saya ?”
“ Saya hanya ingin menyampaikan pesan dari Mario.”
“ Pesan ?” dahi Kayla berkerut heran.
“ Ya, sebetulnya bukan pesan sih.. Tapi, Mario pernah cerita sama saya. Saya kira, dia sudah tak mencintai kamu lagi.Dia lebih perduli terhadap saya daripada kamu.Ya, saya yang lebih dulu merebut hati nya.Mario menjalin hubungan dengan saya sudah sejak SMP, hanya saja sempat terjadi kehambaran di antara kami dan itu yang membuat kamu bisa menjadi kekasih Mario. “
“ Terus ? Apa hubungannya dengan saya ?”
“ Kamu mengisi hati Mario hanya untuk sementara saja. Karena saya telah hadir kembali.Saya harap, kamu sadar diri.Mario tak berani memutuskan hubungannya dengan kamu.Oleh karena itu, saran saya lebih baik kamu yang memutuskannya duluan.”Cetus Indira sinis.
“ Akan saya pikirkan lagi “ Kayla menahan air mata nya yang hampir tumpah.
“ Oke, saya pamit.”
Kayla terdiam seribu bahasa.Memikirkan kata-kata Indira tadi. Apakah benar Kak Rio begitu ? Yang ia tahu, kak Rio sangat mencintainya. Secepat itukah hati Kak Rio berubah ? Kayla tak akan pernah bisa melupakan Mario. Apalagi untuk menyudahi hubungannya yang sudah ia pertahankan beberapa tahun lamanya.
*                              *                                           *
     Kayla menatap langit biru  yang cerah. Dia sedang minum teh di taman rumah. Bayangan Mario melintas di benaknya.Mungkin, yang dibilang Indira memang benar.Karena, sudah beberapa bulan ini, Mario benar-benar menjauhinya. Meskipun belum ada kata putus di antara mereka, namun..kebanyakan orang telah menyangka hubungan mereka kandas. Tiba-tiba, handphone Kayla berdering.Panggilan masuk dari Kak Ardan.Loh , ada apa Kak Ardan menelponnya.
“ Halo..”
“ Kay.. gawat. Mario kecelakaan. “
“ Apa ? Kak Rio kecelakaan dimana ?”
“ Mario sedang bersama Indira menuju ke Bogor, namun.. naas sudah. Ketika di perjalanan, mereka mengalami kecelakaan. Indira behasil diselamatkan, dia hanya luka ringan .Tapi, Mario parah.”
“ Ya ampun, kaa.. Bagaimana ini ? Kakak bisa antarkan Kayla ke rumah sakit tempat Kak Rio dirawat ?”
“ Oke, aku jemput kamu 15 menit lagi .”
“ Kayla tunggu.”
Ketika sambungan terputus, seluruh sendi Kayla terasa lemas.Ia takut terjadi hal yang buruk terhadap Kak Rio.
                     *                          *                                 *
Kayla tak menemukan Indira di ruang rawat inap Mario.Sykurlah, Mario tidak apa-apa.Hanya saja, kaki kanan Mario patah.Hingga, Mario harus memakai kursi roda untuk membantu nya berjalan.
“ Kak Rio ..” desis Kayla. Buliran air mata, jatuh di kedua pipi nya.
“ Kaylaa.. maafkan aku. “
“ Kak Rio nggak usah minta maaf sama Kayla, ya. Yang penting kakak sembuh dulu. Kayla bersyukur kakak tidak apa-apa .”
Mario menggenggam tangan Kayla,
“ Jangan kamu tinggalin aku, Kay.. “
“ Kayla akan  selalu ada disaat  apapun. Kayla akan selalu bersama Kak Rio.”Mario menatap mata Kayla dalam-dalam.Ada sinar ketulusan di mata Kayla terhadapnya.
               *                           *                          *
2 minggu kemudian..
    Kayla mendorong kursi roda Mario menuju ke taman sekolah. Mario sudah sembuh sekarang.Tinggal dilakukan terapi secara rutin agar kaki Mario sperti sedia kala lagi.
“ Kay.. kamu gak malu punya pacar cacat kayak aku ?”
“ Kak Rio, Kayla gak pernah malu punya pacar kayak Kak Rio. Kayla selalu menerima Kak Rio apa adanya. Dan Kak Rio tahu kenapa ?Karena Kayla sangat mencintai Kak Rio. “
“ Aku juga mencintai kamu Kayla. Kamu benar-benar wanita luar biasa.Padahal, aku telah menyia-nyiakan cinta kamu yang teramat tulus. “
“ Cinta kita sedang diuji. Dan Kayla yakin, Kak Rio tidak seperti yang Ka Indira bilang.
“ Memang, Indira bilang apa ?”
“ Kak Rio tak mencintai Kayla lagi. Kak Rio lebih memilih Kak Indira.”
“ Ah, Kay.. kamu tak usah percaya. Jujur, aku memang terbius cinta nya.Namun, cinta nya gak tulus.Ketika tahu aku cacat, dia meninggalkan aku lagi. “
“ Kak , terkadang.. kita suka berfikir, bahwa seseorang yang sempat kita cintai bisa mencintai kita lagi layaknya dahulu. Namun, pada akhirnya..kita harus kecewa juga kan.. Ingat, kak..apa yang telah kita miliki, itu adalah hal yang paling benar. “
“ Iya Kay. Aku sadar. Di kala cinta harus memilih..dan aku telah salah memilih. Aku bodoh telah menyia-nyiakanmu .”
“ Sudahlah , Kak.. Tak perlu disesali. Yang penting, kakak sekarang harus rajin terapi ya.. Biar bisa main basket kayak dulu . Kayla akan selalu ada untuk kakak .” .
“ Iya, Kay.. Aku janji.Sekarang, antar aku ke kelas ya. “
Kayla mengangguk dan mengarahkan kursi roda ke arah koridor kelas .Sekarang, Mario tak perlu malu kaki nya cacat. Dan tak perlu kawatir siapa yang akan mendorong kursi roda nya. Karena seorang bidadari cantik, telah dikirim Tuhan khusus untuknya..

0 komentar:

Posting Komentar